Ada Apa di Liechtenstein?

Ada Apa di Liechtenstein?

Sebelum saya menceritakan mengenai Liechtenstein, saya mau bertanya, apakah kamu tahu apa itu Liechtenstein? Saya sendiri lupa kapan tahu mengenai Liechtenstein namun belum lama ini saya memantau Youtube channel Geography Now. Dalam Youtube channel tersebut, Barbie, host acara Geography Now, membahas sebuah negara satu per satu. Pada episode Liechtenstein, baru lah saya kembali teringat bahwa ada negara yang bernama Liechtenstein. Pantas namanya cukup asing, jadi Liechtenstein ini merupakan salah satu negara terkecil di dunia. Liechtenstein merupakan sebuah prinsipaliti, bisa ditebak sendiri, pemimpin negara-nya adalah seorang pangeran (prince).Apa yang unik dari Liechtenstein ini? Di mana lokasinya? Salah satu fakta menarik mengenai Liechtenstein, negara kecil ini merupakan sebuah negara yang ‘double landlocked’. Salah satu negara lain di dunia yang double landlocked adalah Uzbekistan. Liechtenstein berbatasan langsung dengan Swiss di sebelah barat dan selatan serta Austria di sebelah timur dan utara.

Liechtenstein merupakan negara terkecil ke-empat di Eropa. Dengan hanya 37,877 penduduk, Liechtenstein memiliki luas wilayah sekitar 160 km2. Ibukota dari Liechtenstein adalah Vaduz, sementara kota terbesarnya adalah Schaan, meskipun hanya selisih sekitar 500 penduduk saja. Meskipun negara kecil, Liechtenstein merupakan salah satu negara dengan GDP per orang tertinggi di dunia. Mungkin mirip dengan negara tetangga kita yaitu Singapura, kecil-kecil cabe rawit.Apakah sedikit fakta di atas membuat kamu ingin berkunjung ke Liechtenstein? Sebenarnya sih kalau dipikir-pikir, Liechtenstein terkesan membosankan. Alasan saya datang ke sana selain ingin cek ‘been there’ juga ingin membandingkan seberapa membosankannya Liechtenstein dibanding Swiss.
Bagaimana Cara ke Liechtenstein?
Lewat Swiss — Cara yang saya gunakan adalah melalui Swiss. Saya berangkat dari kota Jenewa pagi-pagi sekali. Sekitar pukul 7 pagi, saya naik kereta ke Zurich. Kemudian dilanjutkan dengan kereta dari Zurich ke Sargans. Total perjalanan dari Geneva – Zurich – Sargans adalah sekitar 4 jam. Kemudian dari Sargans, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Vaduz (Post) dengan bus nomor 11 selama 30 menit.

Lewat Austria — Cara lainnya adalah lewat Feldkirch, Austria. Dari Feldkirch Bahnhof (stasiun), kamu bisa naik bus nomor 13 atau 11 menuju Vaduz (post) selama 44 menit. Kalau saya kemarin, masuk lewat Sargans, kemudian keluar Liechtenstein melalui Feldkirch. Saya cukup menyarankan kamu untuk menengok Feldkirch, Austria, kotanya kecil namun cukup menawan.

Ada Apa di Liechtenstein?
Keuntungan dari micro-state adalah kamu bisa menjelajahi hampir seluruh negara ini hanya dalam waktu satu hari. Untuk mengenal Liechtenstein, kamu bisa memulai penjelajahan di Vaduz, ibukota di negara terkecil ke-6 di dunia ini.

Schloss Vaduz
Dalam bahasa Inggris berarti Vaduz Castle, merupakan kediaman dari keluarga kerajaan. Kastil ini berada di puncak bukit di atas kota Vaduz. Sangatlah mudah dicapai, waktu itu saya cukup berjalan kaki dari tempat pemberhentian bus di Vaduz. Sayangnya kastil ini tidak dibuka untuk umum namun kamu bisa berkunjung ke daerah sekitarnya dan berfoto di pinggir jalan layaknya rakyat jelata. Selain itu, pemandangannya cukup bagus di sepanjang jalur ‘pendakian’ ke kastil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ABOUT

Untuk Menjalin kerjasama atau mempererat silahturahmi bisa contact email ke email pribadi saya aminnudin431@gmail.com atau bisa lewat WA ke 089681995468

MEMBER OF

COPYRIGHT

Copyright © 2018 All Right Reserved
www.inigoes-adventures.com